Kopi Arabika dan Robusta apa bedanya ?

share on:

Secara umum ada empat jenis utama kopi yang ada di dunia yaitu kopi Arabika, Robusta, Liberika dan Excelsa. Diantara empat jenis kopi ini, Arabika dan Robusta lah yang paling digemari. Lantas apa yang membedakan kedua jenis kopi ini?

Hal yang paling membedakan pastinya terletak pada tempat dimana dua spesies kopi itu tumbuh, rasa, dan juga perbedaan ekonomisnya.

Pohon kopi Arabika cenderung cocok dengan udara dingin yaitu di ketinggian 1.000-2.000 mdpl dengan suhu udara sekitar 14-24 °C. Sementara itu, pohon kopi Robusta bisa ditanam di ketinggian 800-1.000 mdpl dengan suhu udara yang lebih panas, yaitu sekitar 24-30 °C.

Dari segi rasa, Arabika cenderung terasa manis dan ringan. Beberapa jenis Arabika bisa memiliki aftertaste yang manis atau bahkan bercita rasa buah. Aromanya lebih lembut dengan sedikit masam. Ini karena tingkat keasaman biji kopi Arabika lebih tinggi dibanding Robusta.

Sedangkan kopi Robusta cenderung pahit dan kuat. Biasanya, kopi Robusta juga memberikan aftertaste yang mirip kacang tanah. Ini karena robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibanding Arabika. Aromanya pun lebih kuat dan mudah dikenali.

Dari sisi harga, biji kopi Arabika lebih mahal daripada biji kopi Robusta. Ini karena perawatan pohon kopi Robusta cenderung lebih mudah dibanding Arabika. Pohon kopi robusta bahkan dapat melindungi diri dengan baik dari serangan serangga karena kadar kafeinnya yang tinggi. Robusta juga tidak memerlukan banyak air. Di sisi lain, Arabika cenderung lebih rapuh dan dapat dirusak serangga.

Kalau pembaca sendiri lebih suka kopi Arabika atau Robusta ?

Dan dua-duanya, yaitu kopi Arabika dan Robusta tersedia di Otsmani Coffee. Jadi bisa langsung cobain kopi Arabika atau Robusta di Otsmani Coffee, kedai kopi bernuansa Islami yang berada di Arafah tempatnya di lantai 4, buka setiap hari dari 10.00 pagi hingga pukul 22.00 malam. Kami tunggu kunjungannya yaa.

Leave a Response