Malabar, Kopi Tatar Pasundan Yang Mendunia

share on:

Kopi Arabika Malabar, memiliki karakteristik rasa kekentalan dan keasaman medium ke atas. Citarasa dominan cokelat dengan rasa akhir rempah, bahkan terkadang ada rasa sedikit manis. Itu adalah karakter citra rasa dari kopi Malabar.

Kopi lokal rasa international. Karena tiga tahun lalu, Kopi Malabar berhasil menjadi juara dalam festival kopi dunia yang digelar oleh Specialty Coffee Association of America di Atlanta. Pun demikian kopi Malabar natural pernah meraih medali emas di kompetisi internasional yang diadakan di Melbourne International Coffee Expo.

Kopi Malabar Jawa Barat ini sudah dikenal sejak dahulu bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1725, Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor kopi di dunia. Dan sebagian besar adalah dari wilayah Jawa Barat, termasuk kopi Malabar ini.

Kalau berbicara tentang jenis kopi Malabar, ada 3 macam yang bisa kita dapatkan. Yang pertama adalah kopi Malabar Specialty Coffee. Kemudian kopi luwak Malabar yang menjadi favorite bagi para pecinta kopi. Yang terakhir adalah gourment Arabica Malabar.

Dan hingga kini, kopi Malabar masih menjadi salah satu favorit bagi penikmat kopi nusantara. Kopi Malabar juga dikenal dengan sebutan “kopi Java Preanger. Istilah yang bukan hanya dikenal di Indonesia saja tapi juga di dunia.

Jadi penasaran kan dengan Arabika Malabar ? Bagi kamu penikmat kopi, jangan lewatkan tuk cicip kopi ini, rasakan dan temukan citra khas dari kopi Malabar, kopi tatar Pasundan.

Leave a Response