Sedikit Cerita Tentang Arabika Lawu

share on:
 
Sebagai anak daerah dekat dengan gunung Lawu dan istri juga berasal dari daerah lereng gunung Lawu berjarak sekitar 7 km dari basecamp pendakian cemoro sewu, saya berfikir komiditi apa yang bisa dikembangkan. Selain sayuran, ketemulah salah satu nya adalah kopi. Dan jika butuh sayur segar dengan harga miring, bisa hubungi saya nanti, asal cocok siap kirim.
 
Kembali ke kopi, ternyata di lereng gunung Lawu juga banyak ditemui pohon kopi. Setidaknya ada tiga jenis, Arabika, Robusta dan Ekselsa. Dan bagi saya Arabika tentu yang menjadi favorit. Karena diseduh tanpa campuran apapun sudah nikmat, karena setiap kopi Arabika punya citra rasa yang khas apalagi di proses dengan Honey atau Wine itu menjadikan tambah lebih nikmat
 
Setelah saya coba telusuri dan cari informasi, ternyata kopi Arabika Lawu stoknya sedikit dan selalunya belum bisa memenuhi kebutuhan pasar. Banyak permintaan tapi stoknya gx ada. Permasalahannya adalah pada budidaya nya yang belum bisa optimal, tentu disebabkan banyak faktor. Karena budidaya kopi bukanlah suatu hal yang mudah.
 
Kenapa banyak permintaan ? tentu karena citra rasa dari kopi Arabika Lawu ini enak dan banyak peminatnya. Penasaran kan dengan Arabika Lawu ? Lain kesempatan kita coba survei ke kebun kopinya langsung. Ada yang mau ikut ?

Rhofiq Feyz

Leave a Response