Sinau Bareng Sejarah Peradaban Islami

share on:

SAATNYA GENERASI MUDA BELAJAR SEJARAH DAN BUDAYAKAN LITERASI, yuk bisa yuk!!!

Ngobrolin sejarah Islam, tentunya bukan cuma nostalgia. Sejarah bukanlah dongeng pengantar tidur, bukan pula kisah romantis yang bisa bikin imajinasi pendengarnya melayang-layang oleh buaian kenangan-kenangan indah di masa silam.

Lebih dari itu semua, ngobrolin sejarah Islam adalah soal bagaimana kita mengambil banyak pelajaran dari segudang keberhasilan maupun kegagalan yang telah dicapai dan dialami oleh umat Islam di masa lampau.

Peradaban Islam yang agung itu bermula pada era Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagai seorang Nabi, beliau bukan hanya sukses menyampaikan risalah Islam secara sempurna kepada umatnya, namun juga sukses dalam meletakkan pondasi peradaban Islam, yang kelak akan menjelma menjadi peradaban raksasa yang disegani oleh seluruh umat manusia selama 13 abad.

Terbukti, hanya dalam 5 tahun setelah wafatnya beliau, kekuatan Islam yang baru tumbuh dan masih seumur jagung itu mampu meruntuhkan singgasana Kekaisaran Persia yang perkasa, dan memaksa Romawi bertekuk lutut di bawah keagungan Islam.

Seratus tahun setelahnya, tepatnya pada periode Kekhalifahan Umayyah, Islam meneruskan laju ekspansinya hingga berhasil membentangkan sayap kekuasaannya mulai dari Pegunungan Himalaya di India, sampai Pegunungan Pyrenees di selatan Prancis. Sejak saat itu, wilayah kekuasaan Islam meliputi daratan Asia, Afrika, dan Eropa, yang mencakup kawasan Sungai Jaxartes (Syr Darya), Oxus (Amu Darya), Tigris, Eufrat, Nil, hingga Guadalquivir.

Beberapa abad selanjutnya, militer Islam mulai menerobos ke benua Eropa bagian tenggara dengan terlebih dahulu menundukkan Asia Kecil (Anatolia), kemudian menyeberangi laut Marmara dan Aegea, dan berhasil menguasai seluruh wilayah Eropa di Semenanjung Balkan. Puncaknya adalah ditaklukannya Konstantinopel, yang mengakhiri riwayat kekuasaan Bizantium untuk selama-lamanya.

Bermula dari wilayah terpencil di Semenanjung Arab, ajaran Islam menyebar hingga ke pelosok Nusantara, bahkan pengaruhnya bisa dirasakan hingga ke Benua Amerika jauh sebelum Christopher Columbus memulai pelayarannya.

Nah, dari situ kita bisa belajar banyak hal, di antaranya:

⏳ Bagaimana metode dan tahapan Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam dalam berdakwah dan berjuang, sehingga mampu melahirkan generasi yang kuat, kokoh, dan tangguh?

⏳ Bagaimana bentuk dan kondisi perkembangan Islam mulai era Khulafa’ Ar-Rasyidin hingga runtuhnya Turki Utsmani?

⏳ Seperti apakah wajah peradaban Islam pada era keemasannya?

⏳ Apa yang membuat peradaban Islam yang tadinya kuat, tiba-tiba melemah, sehingga tak kuasa menahan agresi pasukan Salib dan Bangsa Mongol?

⏳ Bagaimana bentuk perjuangan Dinasti Saljuk, Murabithun, Zankiyah, Ayyubiyah, dan Mamluk, hingga mampu menyelamatkan peradaban Islam dari rongrongan kekuatan politik Syiah (Buwaihiyah & Fathimiyah), serta invasi pasukan Salib dan Mongol?

⏳ Bagaimana Islam masuk ke Nusantara, dan bagaimana pula cikal bakal berdirinya kesultanan-kesultanan Islam dari Aceh hingga Maluku?

⏳ Bagaimana Bangsa Eropa menjajah negeri-negeri Islam dan menghancurkan peradaban-peradabannya?

⏳ Apa yang membuat peradaban Islam jatuh dan terpuruk setelah 13 abad menikmati kejayaannya? Bisakah abad-abad kejayaannya di masa lalu itu kembali terulang?

Yakin gak tertarik belajar sejarah??? Makanya, yuk gabung ke program kita:

📚🖋️☕ SINAU BARENG SEJARAH PERADABAN ISLAM ☕🖋️📚

Ngopi Bareng sambil Ngaji Literatur, Diskusi, Tanya Jawab, & Sharing Ilmu terkait Sejarah Peradaban Islam

Info selengkapnya, langsung tengok ke posternya aja ya gan!

Diselenggarakan oleh:
AKSARA

Bekerjasama dengan:
OTSMANI COFFEE
FATH Sedulur Hijrah

Leave a Response